FOCUS GROUP DISCUSSION PEREMPUAN POSITIF HIV

Kasus HIV & AIDS pada perempuan semakin meningkat. Intervensi psikososial termasuk penguatan kecakapan hidup terhadap ODHA masih belum optimal, pendekatan program terhadap ODHA selama ini masih di ranah medis. Diperlukan sebuah intervensi psikososial yang sesuai kebutuhan ODHA agar mempunyai dampak yang positif dan optimal untuk kesejahteraan ODHA dari berbagai segi kehidupan. Berdasarkan kondisi tersebut, PLATO Foundationtelah melaksanakan kegiatan  Focus Group Discussion (FGD) ODHA (Orang dengan HIV dan AIDS) Perempuan  dalam rangka menganalisis  masalah dan kebutuhan ODHA perempuan Surabaya sebagai landasan penyusunan program pemberdayaan ODHA Perempuan tahun 2018.

Peserta adalah perempuan positif HIV yang dipilih berdasarkan kriteria dari beberapa wilayah di Surabaya, bersuami dan tidak bersuami, mempunyai anak positif dan tidak mempunyai anak positif, bekerja tetap dan tidak bekerja, serta mampu menyuarakan pendapat dan harapan untuk mewakili komunitasnya. Peserta juga secara non formal mewakili komunitasnya seperti Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) UPP RSUD Soetomo, KDS Mahameru, KDS BDH dan Couple Community.Kegiatan dilaksanakan pada :

Pukul                     : 13.00  - Selesai

Hari, tanggal       : Jum’at, 19 Januari 2018

Tempat                                : Rumah Damping Yayasan PLATO

                                  Jl. Cipta Menanggal V No 16     

 

Hasil kegiatan FGD secara umum adalah sebagai berikut :

  1. Dihadiri oleh 10 ODHA Positif HIV
  2. Mendapatkan gambaran masalah yang sering dihadapi ODHA Perempuan
  3. Mendapatkan daftar  kebutuhan dan harapan  ODHA Perempuan di Surabaya
  4. Mendapatkan langkah strategi dalam upaya pelaksanaan program pemberdayaan ODHA perempuan

Rencana Tindak Lanjut

  1. Perencanaaa program pemberdayaan ekonomi kreatif bagi ODHA Perempuan
  2. Penguatan jaringan organisasi ODHA Perempuan dengan mengadakan pertemuan minimal 2 bulan sekali dengan bahasan yang lebih menyeluruh