Fun Education dalam Rangka Penguatan Kemampuan Siswa untuk Menolak Narkoba

Sebanyak 67 siswa SMK DR Suetomo Surabaya dan MTs N 1 Surabaya mengikuti kegiatan yang diadakan oleh PLATO Foundation dengan antusias. Acara ini bertujuan untuk sebagai berikut :

  1. Meningkatnya pengetahuan dan kapasitas peserta tentang narkoba, penyakit adiksi,  metode pemulihan dan HIV & AIDS
  2. Peserta mampu berperan sebagai kader terapi dan rehabilitasi kepada remaja di lingkup sekolah dan komunitas sebaya di lingkungannya.

Para peserta berkumpul di Aula dan dibagi menjadi 5 kelompok. Panitia telah membagi diri ke dalam 5 pos yang harus didatangi peserta. Di pos pertama ada pos “Konseling Kelompok”. Di pos ini Indra dan Wanda sebagai fasilitator menggali apa saja kenakalan remaja yang pernah dilakukan oleh peserta dan apa saja masalah yang dihadapi remaja. Kemudian dipilih masalah yang paling berat untuk menjadi topic konseling. Pos ini bertujuan agar peserta mampu mengidentifikasi permassalahan yang dihadapi dan kemudian mampu mengatasinya.

Pos kedua adalah Pos “peer educator”. Ninis dan Vero menampilkan beberapa adegan tentang sikap kita jika menghadapi teman yang menggunakan narkoba. Peserta diminta menilai mana yang seharusnya dilakukan seorang teman. Fasilitator juga menggambarkan apa saja yang bisa dilakukan oleh peer educator dengan sebuah permainan. Peserta diharapkan mampu memberikan pengaruh positif kepada teman temannya untuk menolak narkoba. Di pos ini juga belajar tentang Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) sehingga jika peer educator ini bertemu dengan penyalahguna narkoba bisa mengarahkan ke PLATO sebagai IPWL.

Di Pos ke 3 ada Pos “Support Meeting” dengan fasilitator Choliq. Merupakan pos yang mensimulasikan proses support meeting untuk para penyalahguna narkoba. Diharapkan dengan simulasi ini peserta mendapat gambaran apa itu support meeting dalam rangka pemulihan adiksi narkoba.

Post ke 4 adalah post “relapse prevention” yang difasilitatori oleh Andry. Pos ini mengajak peserta untuk berfikir apa saja yang bisa memicu seseorang yang telah berniat berhenti menggunakan narkoba namun kembali lagi menggunakannya. Post ini menguatkan peserta sebagai peer educator untuk memahami bahwa relaps itu bisa dicegah.

Post terakhir atau yang ke 5 adalah post HIV & AIDS. Fasilitator pos ini adalah Desty, Dwi dan  Ria. Di pos ini peserta bermain  mitos dan fakta tentang isu HIV & AIDS yang mana fasilitator akan menyampaikan kebenarannya. Peserta juga belajar ALL about HIV baik dari penularan, pencegahan maupun cara Orang dengan HIV & AIDS untuk tetap sehat.

Setelah peserta selesai di salah satu pos, mereka lanjut ke pos selanjutnya sampai semua pos dikunjungi. Setelah 5 kelompok selesai berkunjung ke 5 pos, peserta diajak berkumpul bersama untuk mereview dan memberikan hadiah bagi siswa yang beruntung. Hasil penilaian pre post peserta mengalami kenaikan pengetahuan tentang hal hal yang dipelajari. Peserta mengaku senang mengikuti acara ini karena materi disampaikan dengan cara fun!!!

Kita berharap dari 67 peserta Fun Education ini dapat gethok tular ke teman temannya yang lain sehingga mereka benar benar menjadi peer educator dan semakin banyak yang mampu menolak Narkoba !!!

Salam generasi tanpa narkoba!!!!

 

Anna Mahsusoh,S.KM