Rumah Damping OKE PLATO - BNNP Jawa Timur

"We are SURVIVOR, Berjuang + Optimis = Sukses", itulah suatu slogan di Rumah Damping OKE PLATO. Slogan tersebut muncul dari seorang pecandu yang memperjuangkan pemulihan agar tetap clean dan sober setelah berhenti menggunakan NAPZA sepanjang masa hidupnya. Ide dari slogan tersebut muncul dari pecandu dalam pemulihan setelah mereka berada pada fase Aftercare di Rumah Damping OKE PLATO.

Awalnya saya tidak yakin dengan apakah saya bisa berubah atau tidak dengan perilaku saya. Saya dahulu tidak pernah bisa menghargai orang lain. Selalu emosi dahulu kalau ada yang memberikan saran atau arahan bagi saya. Rumah ini membuat saya bisa tahu dan paham dengan perilaku saya yang sangat merugikan bagi diri saya sendiri dan orang yang berada di sekeliling saya, maka dari itu saya menyebut rumah ini adalah Rumah Ajaib” tutur salah seorang pecandu pemulihan yang pernah menjalani pemulihan di PLATO.

 

Rumah Damping OKE PLATO berdiri sejak tahun 2015 di Surabaya atas dukungan BNNP Jawa Timur. Goal Program Rumah Damping PLATO 2017 adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kapasitas klien melalui peningkatan skill relapse prevention untuk mampu menghadapi tantangan hidup di masyarakat dan memelihara pemulihannya agar tidak terjadi relapse
  2. Mempersiapkan klien agar mampu menjalankan fungsi sosial sesuai dengan potensi diri yang dimilikinya melalui pengembangan support group dan social building outbond
  3. Memfasilitasi klien untuk menggali dan mengembangkan kewirausahaan sesuai minat dan bakat agar dapat mencapai kemandirian sosial dan ekonomi
  4. Meningkatkan kepedulian dan keterlibatan keluarga dan masyarakat dalam membangun lingkungan yang kondusif untuk mempersiapkan dukungan lingkungan dan pihak-pihak yang terkait.

Design durasi program adalah 50 hari. Selama program mereka di gembleng dengan istilah HOW (Honesty, Open Mind dan Willingnes), yaitu mengajarkan tentang suatu nilai – nilai kejujuran yang lebih mendalam, keterbukaan pikiran dalam berpendapat maupun menggali pikiran – pikiran negative agar bisa berubah, serta kemauan individu untuk dapat berubah dan melihat masa depannya yang lebih cemerlang tanpa adanya suatu paksaan dari pihak lain.  Dalam menjalankan HOW tentuya klien juga diajarkan bagaimana cara  mengidentifikasi diri mereka supaya tidak jatuh pada lubang yang sama (Relapse).

Mereka yang berada di Rumah Ajaib ini (kata lain dari Rumah Damping OKE PLATO yang mereka sebut) dibekali ketrampilan vokasional / pelatihan serta magang yang sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya. Disini mereka juga diharapkan untuk dapat menggali kreatifitas dalam diri masing-masing. Setiap individu mempunyai banyak sisi positif dalam dirinya yang belum muncul dalam permukaan. Dirumah ajaib ini, mereka juga benar – benar diajarkan bagaimana mengucapkan kata sebagai budaya tradisi jawa yang sebenarnya sangat mudah untuk diucapkan, tetapi jarang sekali untuk diucapkan, yaitu mengucapkan kata “Tolong, Maaf, Terima Kasih dan Permisi”.

PLATO mengajak semua pihak yang ingin berpartisipasi di Rumah Daping OKE PLATO. Mari bergandengan tangan untuk mewujudkan pecandu dalam pemulihan yang sehat, berdaya dan produktif. Bersama Kita Bisa!!!

 

By : Rangga