Psikoedukasi NAPZA Ke Siswa SMP-SMA Surabaya” Oleh PLATO Foundation

Jumlah pengguna narkoba di Indonesia hingga November 2015 mencapai 5,9 juta orang (BNN, 2016). Peningkatan kasus penyalahgunaan narkoba terus meningkat setiap tahunnya di hampir seluruh provinsi di Indonesia, termasuk Provinsi Jawa Timur. Surabaya sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta secara konsisten menjadi kota dengan kasus penyalahgunaan narkoba tertinggi di Jawa Timur  dengan jumlah kasus pada akhir tahun 2015 meningkat sebesar 620 kasus dan 70% diantaranya dari kalangan remaja (Badan Narkotika Nasional Kota Surabaya,2015)

PLATO telah resmi ditunjuk sebagai Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) bagi korban penyalahgunaan narkoba dengan Keputusan Menteri Sosial No. 202/HUK/2016. PLATO Fokus di Rehabilitasi adiksi narkoba bagi anak dan remaja serta perempuan. Pada tahun 2016, PLATO telah berhasil melakukan rawat inap bagi 70 klien dan rawat jalan sebesar 217 klien.  

PLATO melakukan strategi dengan memaping sekolah dengan indikasi siswa yang menggunakan NAPZA dan melakukan psikoedukasi mengenai bahaya NAPZA, Adiksi dan mengenal rehabilitasi program IPWL yang berada dinaungan Kemensos (Kementerian Sosial).  Harapan dengan melakukan Psikoedukasi tersebut adalah adanya kesadaran seorang pecandu yang masih duduk dibangku sekolah agar tidak lagi atau berhenti menggunakan NAPZA, sedangkan bagi non pecandu bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan pencegahan penggunaan NAPZA guna menekan angka kejadian pecandu NAPZA di Indonesia terutama di Surabaya. Setelah dilakukannya psikoedukasi, PLATO akan melakukan assessment terhadap siswa yang pernah maupun masih aktif menggunakan NAPZA dan diikutsertakan dalam program IPWL.

PLATO juga melakukan MoU (Memorandum of Undersanding) dengan beberapa pihak sekolah dengan harapan kegiatan ini tidak hanya berjalan satu kali saja, melainkan dapat dilakukan beberapa kali dalam satu tahun untuk selalu memberikan info terbaru mengenai NAPZA, adiksi dan program rehabilitasi. Jika, terdapat sekolah yang ingin kami beri psikoedukasi mengenai NAPZA, adiksi dan rehabilitasi, kami bisa membantu karena semua kegiatan ini tidak berbayar alias GRATIS. Tertarik? langsung hubungi hotline kami ya…