Peringatan HAS (Hari Aids Sedunia) 2016 “Youth Campaign and Competition”

Sidoarjo, 11 Desember 2016

Peringatan Hari AIDS Sedunia 2016 menjadi event penting untuk mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat Indonesiauntuk bersama  mencegah penularan HIV. Masyarakat Jawa Timur perlu segera bergegas menerapkan perilaku hidup sehat untuk mencegahnya. Jika tidak, angka kasus HIV akan terus merangkak naik di propinsi ini. Tahun ini kegiatan HAS nasional dipusatkan di Surabaya, ibukota Jawa Timur dengan mengangkat tema nasional “Mari Berubah, Masa Depan Gemilang Tanpa Penularan HIV”. 

VEDHA bekerjasama dengan PLATO Foundation dan berbagai pihak juga ikut serta meramaikan peringatan Hari AIDS Sedunia melalui serangkaian kegiatan yang kreatif di Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini juga terselenggara atas dukungan dari MTV Staying Alive yang secara konsisten mendukung selama 4 tahun berturut-turut.

Dimulai dengan aksi pertama yang mengusung temaOne Hug, One Hurt di Taman Bungkul Surabaya tepatpadatanggal 1 Desember 2016. Salah satu tim menggunakan kartu dada  bertuliskan “SAYA HIV POSITIF” sebagai mascot. Anggota tim yang lain mengarahkan mascot untuk mengelilingi taman dan mengajak masyarakat untuk bersalaman dan berpelukan dengan mascot tersebut. Sebagian tim yang lain berorasi untuk mengedukasi masyarakat sekitar bahwa interaksi sosial tidak menularkan HIV. Aksi ini bertujuan untukmengurangi diskriminasi terhadap ODHA dan mengajak masyarakat mendukung ODHA dengan bersalaman dan berpelukan. Masyarakat yang bersedia memberikan salaman dan atau pelukan mendapatkan stiker promosi karya peserta training media KIE.

Aksi kedua adalah serangkaian kegiatan “Youth Campaign and Competitionpada 11 Desember  2016 di Balai Dinas Budaya, Pemuda & Olahraga.  Kegiatan dibuka oleh Bapak Hariadi selaku Sekretaris KPA Kab.Sidoarjo dan dilanjutkan dengan ikrar komitmen stakeholder dan masyarakat umum untuk turut serta dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV & AIDS. Pemberian charity kepada 18 Anak dengan HIV&AIDS (ADHA) juga ikut memeriahkan acara ini. Charity didapatkan dari hasil konser amal yang diadakan oleh AREKISME & Dream Teater Fans Club Indonesia, penggalangan dana yang dilakukan oleh PARPRAS dan oleh anggota VEDHA sebelum Hari AIDS Sedunia. Charity yang diberikan berupa makanan bergizi dan sejumlah uang, Harapannya ADHA dapat hidup layak dan terus percaya diri menghadapi masa depannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara inti yaitu pameran, lomba,donor darah, dan hiburan dalam rangka mengkampanyekan pencegahan HIV. Pameran terdiri dari pameran karya finalis fotografi dan berbagai media KIE Kreatif yang terpampang mengisi sudut-sudut ruangan. Tidak hanya itu,  stand informasi juga disediakan oleh BNNK Kab.Sidoarjo, PARPRAS, Dinas Kesehatan dan PLATO Foundation. Lomba fotografi dan media KIE kreatif telah diikuti oleh peserta dengan ruang lingkup wilayah tidak hanya dari Sidoarjo melainkan juga dari Surabaya dan sekitarnya. Juara 1  fotografi adalah Luthfiya dari Universitas Airlangga dengan judul karya “Maaf, Aku di rumah sendirian”, juara 2 adalah Nathan Bravian dari Krian dengan judul karya “Aku yang Sekarang”, dan Khansa Vidya dari SMA 2 Muhamadiyah sebagai juara 3 dengan judul karya “Lindungi Kami karena Kita Berharga”. Sedangkan Juara 1 Media KIE kreatif dimenangkan oleh Anca Laika dari Universitas Airlangga berupa SAPI HIAS “Sandal Jepit HIV & AIDS” , juara 2 adalah Prianggara Ardiansyah dari Krian berupa Payung pelindung HIV & AIDS, dan Karya “Robot Kardus Penyuluhan HIV” Menjadi juara 3 dibuat oleh Fitriya Hereynadari Krian.

Acara tersebut tidak melewatkan trend remaja masak ini yang hobby melakukan selfi. Panitia menyediakan photobooth dan word property untuk selfi sekaligus berkampanye melalui gambar. Seluruh peserta undangan yang hadir dan masyarakat umum turut antusias mengambil foto di photobooth yang disediakanoleh panitia. Selainitu, Hiburan yang ditampilkan di atas panggung juga berisikan kampanye tentang pencegahan HIV & AIDS. Salah satu hiburannya adalah penampilan jingle pencegahan HIV karya SMAN 2 Krian sebagai bentuk kampanye kreatif dari remaja Indonesia.

Selain serangkaian acara yang secara langsung mengarah kepada kampanye HIV, dalam moment HAS 2016 ini dilaksanakan juga donor darah yang didukungo leh PMI Kabupaten Sidoarjo. Petugas PMI datang membawa peralatan donor darah dan membuka stand donor darah di lokasi pelaksanaan aksi “Youth Campaign and Competition”.Peserta yang mengikuti donor darah adalah masyarakat umum dan 50 anggota TNI Angkatan Darat dari Kodim 0816/ Sidoarjo. Selain donor darah, anggota TNI membantukeamananpelaksanaanacara dan mengikuti serangkaian acara hingga usai. Keterlibatan TNI dalam kegiatan ini meyakinkan kita bahwa TNI peduli dan beraksi melaksanakan pencegahan HIV & AIDS.

Kegiatan HAS 2016 dapat terlaksana dengan baik atas kerjasama berbagai pihak yang senantiasa concern terhadap pencegahan HIV&AIDS yaitu VEDHA, Plato Foundation, KPA Provinsi JATIM, KPA Kabupaten Sidoarjo, PARPAS (paguyuban remaja peduli AIDS Sidoarjo), BNNK Sidoarjo, BPMPKB Kabupaten Sidoarjo, PMI Sidoarjo, serta TNI Angkatan Darat 0816 kabupaten Sidoarjo dan seluruh pihak yang mendukung. Dengan adanya aksi kegiatan peringatan HAS ini diharapkan seluruh masyarakat turut serta mengambil peran mengkampanyekan pencegahan dan penanggulangan HIV&AIDS tanpa stigma dan diskriminasi. Berperilaku hidup sehat menjadi syarat mutlak untuk mencegah penularan HIV, Save us and STOP HIV Now!