Training media kie : MENGEMAS PESAN hiv&aids yang efektif pada KAUM MUDA

Peran kaum muda sangat strategis sebagai pembawa pesan di tengah maraknya permasalahan “kenakalan remaja” yang berdampak pada penularan HIV.  Dibutuhkan kemasan pesan yang efektif  tentang HIV&AIDS dan isu terkait agar  mampu membawa perubahan yang positif dikalangan mereka.  Melalui program Schools and Communities Caring for HIV&AIDS (SCARFS), VEDHA dengan dukungan PLATO Foundation dan MTV Staying Alive telah menyelenggarakan “Pelatihan Media Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE)”  yang telah dilaksanakan selama 2 hari pada 29-30 Oktober 2016 bertempat di Center PLATO Foundation, Jl. Tambang Boyo 154 Surabaya.

 

Pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan skill dalam mengembangkan media KIE yang efektif ini diikuti oleh 30 kaum muda yang merupakan perwakilan dari komunitas, kampus dan sekolah di wilayah Sidoarjo dan Surabaya. Pelatihan kali ini mendatangkan berbagai narasumber yang berkompeten dibidangnya agar  output dari pelatihan ini tercapai dengan optimal, yaitu media KIE kreatif dapat tercipta oleh anak muda dan untuk anak muda!

 

Brainstorming mengenai isu dan permasalahan terkait dengan HIV yang dihadapi oleh remaja dan anak muda  saat ini menjadi menu pembuka pada pelatihan ini. Dilanjut dengan menggugah peran peserta untuk mencegah dan menanggulanginya melalui komunikasi perubahan perilaku yang jitu agar  tepat sasaran. Materi pengembangan media KIE kreatif  sebagai menu utama  dalam pelatihan ini diajarkan melalui fotografi, media cetak, media grafis, dan film dokumenter. Peserta sangat antusias dalam setiap tahapan pembelajaran yang dilaluinya. Mulai dari berlatih mengambil gambar, menyusun artikel, mendesain sticker dan poster, hingga proses berlatih membuat film dokumenter. Setiap hasil karya yang telah dibuat oleh peserta dipresentasikan dan dibahas bersama dengan narasumber.

 

mtv

vedha

   

Gerakan para peserta sebagai pengemas dan pembawa pesan tidak terhenti sampai disini. Ada tindak lanjut yang dikerjakan yaitu menyempurnakan hasil karya mereka. Media KIE yang mereka ciptakan akan diikutkan dalam ajang kompetisi SCARFS yang akan dihelat dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember 2016 mendatang. Tidak hanya sekedar untuk kompetisi, namun media KIE hasil karya mereka akan menjadi media pesan  yang disebarkan bagi remaja dan anak muda lainnya. Mari kita tunggu karya  mereka sebagai bukti bahwa peran mereka layak diperhitungkan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV&AIDS dan isu terkait.

 

By : Adelia Perwitra, S.KM & Dita Amalia, S.Sos., M.Psi