VEDHA Jatim Mendukung Remaja di Surabaya dan Sidoarjo Untuk Tahu Tentang HIV & AIDS

Viva Education of Drugs and HIV&AIDS (VEDHA) adalah jaringan komunitas pemuda dengan mengusung visi terwujudnya anak muda berdaya dengan misi menyediakan akses informasi, keterampilan dan akses kesehatan melalui berbagai kegiatan dengan melibatkan pemuda sebagai pendidik sebaya di komunitasnya. Dalam program kerjanya, VEDHA yang lahir pada tahun 2005 ini memiliki berbagai kegiatan seperti penjangkauan, pendampingan, konseling sebaya, dan event.  Anggota VEDHA di tahun 2016 ini sangat bervariasi, terdiri dari 20 pemuda keren yang siap berjuang demi remaja yang lebih sehat, bebas Narkoba dan HIV&AIDS. Mereka terdiri dari mahasiswa,pekerja, aktifis anti narkoba, pecandu dalam pemulihan, karang taruna, dll.

vedha

VEDHA melakukan sebuah usaha promosi kesehatan yang berbasis setting bagi remaja (sekolah dan kampus) dan dengan pendekatan pendidikan sebaya, dimana remaja tidak hanya ditempatkan sebagai objek tetapi dilibatkan secara aktif dalam usaha promosi kesehatan remaja terkait isu HIV AIDS, NAPZA, dan Kesehatan Reproduksi. Usaha promosi kesehatan untuk remaja usia 15-27 tahun ini dikemas dengan program SCARFS (School and Communities Caring For HIV&AIDS). VEDHA bekerjasama dengan PLATO  Foundation dalam menjalankan SCARFS dengan dukungan MTV Staying Alive Foundation sejak tahun 2013 sampai tahun 2016.

 

scarfs

Salah satu kegiatan SCARFS 2016 adalah mengadakan roadshow ke sekolah, kampus dan komunitas di daerah Surabaya dan Sidoarjo.

Tujaun dari roadshow SCARFS adalah sebagai berikut :

  1. Menciptakan generasi yang peduli terhadap pencegahan NAPZA & Penularan HIV&AIDS (To Getting Zero New Infection)
  2. Memberikan pengetahuan dan pemahaman secara komprehensif tentang pencegahan penularan  HIV&AIDS, bahaya NAPZA, IMS serta isu terkait lainnya.

Dalam Roadshow anggota VEDHA menyampaikan informasi dengan berbagai metode, diantaranya adalah sharing, diskusi, games dan testimoni dari penyalahguna Narkoba.

Pencapaian roadshow SCARFS 2016 adalah dapat menjangkau 20 sekolah/kampus/komunitas  di Surabaya dan Sidoarjo  dengan jumlah total peserta mencapai 1798 remaja. Dengan semakin banyaknya remaja yang mengetahui tentang HIV & AIDS dan pencegahan penyalahgunaan narkoba, mereka dapat menghindari tertular infeksi HIV dan penyalahgunaan Narkoba.

roadshow scarfs

(Roadshow dengan Pembelajaran kreatif)

 

 

roadshow scarfs

(Roadshow dengan metode diskusi)