Upacara Kemerdekaan ke 71 Oleh Pecandu dalam Pemulihan

Sudut sudut di Surabaya merayakannya dengan riang dan suka cita Hari kemerdekaan Indonesia, tak terkecuali kami Keluarga Besar Yayasan PLATO. Di hari yang tak biasa ini, kami mengadakan Upacara Mandiri dan berbagai Lomba dengan tema “Saksikan kami para pecandu menjaga pemulihan dengan semangat kemerdekaan”. PLATO mengajak secara terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung dengan acara kami, melalui undangan jejaring sosial.

Dari tanggal 16 Agustus 2016, kami telah sibuk menghias “Omah Kreatif PLATO” dengan Nuansa Merah Putih. Tak Lupa untuk mempersiapkan dengan baik upacara yang sakral dengan Gladi Resik agar esok kian lancar. Semua Petugas dari Para Pecandu dalam Pemulihan mencoba menggali kenangan indah masa sekolahnya yang terkubur tentang bagaimana caranya melakukan Upacara Bendera.

Hari ini, Rabu 17, Agustus 2016 telah datang.Para staf PLATO sudah berpakaian hitam rapi menggunakan seragamnya. Para Pecandu dalam Pemulihan juga tak kalah rapi dengan kemeja dan sepatunya. Para Tamu Undangan Juga sudah datang. Upacara ini dimeriahkan oleh tamu undangan dari Relawan Anti Narkoba (RAN) dari UNUSA, Viva Education Drugs and HIV & AIDS (VEDHA) JATIM, Van Deventer-Maas Stichting (VDMS) dan relawan lainnya.

Upacara ini jauh dari kata ideal, baik dari segi jumlah peserta, petugas,lokasi, tata cara dan sebagainya. Tapi kami berusaha semaksimal mungkin, mengingat jasa para pahlawan dan mengharapkan Indonesia jauh lebih adil dan santosa. Pembina Upacara Direktur PLATO Ibu Dita Amalia mengamanatkan bahwa “Mari MERDEKA Dari Belenggu Narkoba!!!. Ciptakan Generasi Emas, Indonesia Sehat Tanpa Narkoba bukan hanya Mimpi”.

Setelah serangkaian upacara selesai dilaksanakan, disuguhkan sebuah lagu yang epik dan menarik karya pecandu dalam pemulihan. Kami para staf dan relawan salut dan kagum kepada mereka yang telah membuktikan bahwa kreatif ga harus pake zat adiktif. Mereka bisa tumbuh menjadi lebih baik dan berkembang dengan kreatifitas masing masing.

Acara dilanjutkan dengan berbagai lomba, yaitu : lomba makan kerupuk, lomba memasukkan pensil ke botol, lomba balon, lomba mading dan lomba cerdas cermat. Lomba ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu lomba untuk pecandu dalam pemulihan, lomba untuk staf PLATO dan lomba untuk relawan. Hadiah meriah diberikan kepada juara, dipersembahkan oleh relawan dari VDMS.

Kegiatan yang membuat kesan bagi siapa saja yang mengikuti. Terimakasih kepada para relawan. Ini Bukti bahwa kami tidak menghadapi bahaya narkoba sendirian!!!