Social Building Outbond bagi Pecandu di Pascarehabilitasi

PLATO bekerjasama dengan BNNP Jawa Timur dalam Program Pascarehabilitasi di Tahun 2016 ini. Social building outbond adalah salah satu kegiatan di pascarehabilitasi pada tahap 1. Kegiatan ini dilaksanakan di pertengahan program sebagai bentuk kegiatan rekreasional yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama, kemampuan memimpin, serta hubungan yang lebih positif dengan sesama klien. Kegiatan tersebut dilakukan di Kebun Bibit Wonorejo, Surabaya.

 

Di dalamnya terdapat beberapa game atau permainan kelompok. Klien dibagi menjadi dua kelompok yang saling berkompetisi. Permainan tersebut antara lain menyusun papan kayu menjadi piramida, memasukkan pensil ke dalam pipa secara berkelompok, mengambil bola dengan bantuan teman kelompok dan berjalan secara berkelompok di atas papan.

 

Di akhir setiap permainan klien diminta untuk menyimpulkan pembelajaran yang dapat diambil dari setiap permainan yang telah dilakukan. Setelah menyelesaikan social building outbond terbukti bahwa hubungan antara sesama klien lebih erat dan kompak, beberapa permasalahan rumah dapat diselesaikan dengan kegiatan tersebut.