RUMAH DAMPING OKE / PASCAREHABILITASI NARKOBA

Rumah damping OKE (Omah Kreatif dan Edukatif) Yayasan PLATO berlokasi di jalan Tambang Boyo 154 Surabaya. Rumah Damping adalah program pasca rehabilitasi yang didukung oleh BNNP Jawa Timur dalam rangka upaya mewujudkan program pemulihan yang berkelanjutan dan berkesinambungan yang mana diharapkan sebagai 

  • Meningkatkan kapasitas pecandu narkoba melalui peningkatan skill relapse prevention untuk mampu menghadapi tantangan hidup di masyarakat
  • Menguatkan support group/ kelompok dukungan bagi pecandu dan keluarga
  • Menguatkan life skill dan usaha ekonomi produktif
  • Meningkatkan kepedulian dan keterlibatan keluarga dan masyarakat dalam membangun lingkungan yang kondusif untuk mendukung dan mempertahankan pemulihan pecandu narkoba.

Sesuai dengan komitmen pemerintah untuk melindungi para pecandu narkoba dari kriminalisasi dan menempatkan pecandu narkoba pada tempat yang tepat agar mereka bisa pulih dan kembali ke masyarakat seperti semula, oleh karena itu Aftercare “OKE” dibawah naungan Yayasan Plato dibentuk untuk membantu para penyalahguna narkoba yang sudah keluar dari pusat rehabilitasi/ klien agar mereka bisa siap kembali ke masyarakat.

Di dalam Rumah Damping OKE ini diberikan psikoedukasi, theraphy kerja dan kreatifitas seni  sehingga para pecandu dalam pemulihan atau penyalahguna narkoba ini mempunyai keahlian dan ketrampilan untuk kembali ke kehidupan social masyarakat dan mampu menjaga pemulihannya.

Setiap hari para klien menjalankan program di Rumah Damping dengan melakukan Group Discussion, untuk dapat bertukar pikiran satu sama lain, mengembalikan rasa percaya diri, menghilangkan kegelisahan, dan pemberian apresiasi.

Klien juga diajari cara bersosialisasi langsung ke masyarakat dengan belajar menghadapi pressure atau tekanan ketika berada di luar lingkungan Rumah Damping. Belajar bagaimana cara bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar, menjaga keamanan dan kenyamanan Rumah Damping agar selalu kondusif.

Dalam hal  ini ada nilai-nilai yang dapat diterapkan klien yaitu lebih mandiri tanpa tergantung pada orang lain dalam hal memenuhi kebutuhan hidup, klien juga diharapkan mampu mengembangkan hasil ketrampilannya kepada lingkungan masyarakat, dapat merasakan hidup normal bersosialisasi dengan masyarakat kembali tanpa harus menggunakan narkoba, dan diharapkan masyarakat juga dapat berperan dalam membantu pemulihan para pecandu narkoba supaya menerima kembali di lingkungan social dan menghilangkan stigma negative terhadap para pecandu narkoba.