Pusat Pemberdayaan dan Rehabilitasi Perempuan

Women Center berdiri pada tanggal 15 September 2015 adalah Lembaga Rehabilitasi bagi korban penyalahgunaan Narkoba khusus Perempuan usia 14 sampai 40 tahun. Women Center di bawah naungan Yayasan PLATO atau empowerment and Learning through Assistance, Training, Organizing (Pemberdayaan dan Pembelajaran melalui Pendampingan, Pelatihan dan Pengorganisasian) sebuah organisasi sosial yang bergerak di bidang pendidikan non formal khususnya perubahan perilaku dan pola pikir. Meskipun pimpinan dan pengurus bekerja secara suka rela, Women Center dikelola secara professional, kelancaran program rehabilitasi dikendalikan secara terencana di bawah bimbingan konselor yang terlatih dan bekerja sama dengan berbagai ahli seperti Psikolog, Dokter dan perawat.

Women Center menerapkan metode Therapeutic Community (TC) dan Narcotic Anonymous (NA). TC merupakan system yang dikembangkan oleh organisasi social yang dikenal dengan sebutan DAYTOP, organisasi nirlaba dengan kantor pusat di New York, dimana metode ini sangat dikenal di seluruh dunia karena tingkat keberhasilannya yang tinggi, mempraktekkan kehidupan sehat dan harmonis dalam suatu komunitas yang terjaga dan penuh persaudaraan, metode TC juga menekankan pentingnya pelatihan kedisiplinan, kepatuhan dan tanggung jawab.

Sedangkan NA merupakan metode pemulihan yang menerapkan prinsip Honesty,Open Mind dan Willingness dengan 12 Langkah dan 12 Tradisi yang telah diperluas dan dikembangkan untuk orang-orang dengan beragam masalah penyalahgunaan pemakaian zat. Pertemuan NA di Women Center diadakan setiap satu minggu sekali yang dinamakan dengan Hope Meeting Women Center untuk berbagi pengalaman, kekuatan dan harapan antar sesama penyalahguna narkoba, pembacaan Just For Today (JFT) setiap pagi setelah Morning Meeting beserta Serenity Prayer dan pengerjaan Step Study/ Step Work setiap satu minggu sekali. NA dapat juga disebut sebagai spiritual program pemulihan dari penyakit kecanduan, program NA menempatkan pentingnya pada pengembangan hubungan kerja dengan “Kekuatan yang lebih tinggi” dengan sponsorship yaitu satu pecandu membantu pecandu yang lain.

Lokasi Women Center terletak di pusat kota Surabaya di jalan Jojoran I no.96A, dengan dikelilingi oleh masyarakat yang kondusif serta mendukung pemulihan para penyalahguna narkoba perempuan dan membantu untuk mengurangi stigma sosial di masyarakat, dekat dengan puskesmas, rumah sakit besar RSUD Dr. Soetomo, kantor polisi, lapangan olah raga dan tempat kebugaran.

Kegiatan pada Women Center dimulai sejak pagi hari dengan sholat Subuh berjamaah bagi yang muslim, membersihkan facility/ rumah pemulihan atau job function seluruh “keluarga/family”, memasak dan sarapan bersama kemudian AM Meeting atau pertemuan pagi dilanjutkan dengan Sesi pertama yaitu pembekalan materi terkait Napza, IMS, Kespro, Psikologi Adiksi dan dampak dari penggunaan narkoba. Kemudian siang harinya Ishoma beserta siesta setelah itu dilanjutkan pada Sesi kedua review materi yang telah diberi/ workshop, sore harinya adalah Creative Time dimana para “keluarga” membuat prakarya dari senam, membuat kue, boneka, merajut, sampai mewarnai. Malam harinya pelaksanaan Support Group seperti NA Meeting, Static, Dynamic Group, Religious Session, Step Study/ Step Work dan Review mingguan, khusus di hari Sabtu ada sesi khusus Women Center yang disebut “Girl’s Talk” dimana ada pembahasan khusus perempuan dan khas perempuan yang membahas permasalahan perempuan.

Women Center juga kerap mendapat kunjungan dari para mahasiswa yang sedang melaksanakan PPL atau KKN seperti dari Universitas Wijaya Kusuma (UWK) Lakapanzha,Unair dan Universitas Widya Mandala (UWM). Dan kerap diundang untuk mengisi acara Teater, Testimoni, dan band Performance, Talk Show di Radio local dan liputan dari stasiun Televisi local seperti TVRI. Membuka program OJT dari berbagai disiplin ilmu yang peduli pada permasalahan Napza dan korban napza.

Bagaimana bergabung di Women Center

-          Disetujui oleh orang tua/ penjamin/ wali

-          Mengisi form persetujuan dan kontrak klien

-          Bersedia menjalankan program sampai selesai

-          Menandatangani surat perjanjian dengan menyertakan foto , ktp/ kartu identitas lainnya

-          Menyertakan surat keterangan tidak mampu dari RT/RW dan kelurahan setempat bila memang tidak mampu

Note: Women Center berhak mereferral klien jika dalam proses pemulihan terdapat tanda-tanda dualisme kepribadian atau bila klien kebutuhannya bukan pada proses rehabilitasi.