Character Building Training dalam rangka Pemberdayaan Pecandu dalam Pemulihan

Indikator keberhasilan program  rehabilitasi berkesinambungan dan berkelanjutan dilihat dari 3 unsur yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan. Dari segi ekonomi, seorang pecandu harus mandiri dan memiliki pekerjaan. Di sisi lain, pecandu juga harus mampu kembali dalam kehidupan masyarakat sesuai peran dan fungsinya, menghargai dan menjaga lingkungannya serta termasuk menjaga dan mencintai dirinya sendiri.

Berdasarkan permasalahan tersebut, dibutuhkan penanganan yang efektif sebagai jembatan bagi mereka untuk siap dan mandiri ketika kembali dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan demikian Yayasan PLATO menyelenggarakan “Pelatihan Pembentukan Karater Positif (Character Building Training) dalam Rangka Pemberdayaan Pecandu dalam Pemulihan” sehingga mereka akan mendapatkan kemampuan dan keterampilan yang berguna ketika mereka harus kembali dalam kehidupan bermasyarakat.

Tujuan dari kegiatan ini adalah

  1. Mensosialisasikan program pascarehabilitasi sebagai jembatan bagi pecandu dalam pemulihan untuk kembali ke masyarakat,
  2. Membentuk karakter positif dari pecandu dalam masa pemulihan untuk menghadapi lingkungan sosial dan  tantangan kehidupan bermasyarakat

  Sasaran dari kegiatan ini adalah pecandu dalam pemulihan yang telah mengikuti Program Rehabilitasi dengan jumlah  minimal 20 orang. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada :

Hari, tanggal                 : Jumat s/d Minggu,20 s/d 22 Mei 2016

Waktu                          : 08.00 s/d selesai

Tempat                        : Pusat Pemberdayaan dan Pemulihan Adiksi Narkoba

Bagi Anak & Remaja      : Yayasan PLATO  Jalan Wonorejo Indah Timur V Kav. 52, Surabaya 60296

Output yang dicapai dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai Program Pascarehabilitasi,
  2. Meningkatnya skill dan kemampuan mencegah relapse,
  3. Peserta lebih siap untuk menghadapi lingkungan sosial (keluarga, lingkungan kerja dan masyarakat) dan tantangannya.