RUMAH DAMPING PASCA REHABILITASI

Yayasan PLATO telah mengembangkan program yang komprehensif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan narkoba. Upaya pencegahan narkoba telah dilakukan melalui penjangkauan dan pendampingan di school based maupun community based.  PLATO juga melakukan penguatan pemulihan bagi pecandu narkoba di beberapa Lapas di Jawa Timur dan Nusakambangan melalui kegiatan pengorganisiran komunitas, support group dan usaha ekonomi produktif. Saat ini PLATO juga  telah menyediakan pusat pemberdayaan dan pemulihan adiksi narkoba di Surabaya. Dengan adanya program rumah damping ini, akan terbangun layanan yang komprehensif dan berkesinambungan bagi pecandu narkoba sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup mereka.

Tujuan adanya Rumah Damping adalah Memberdayakan pecandu narkoba untuk memperkuat dan mempertahankan pemulihan  melalui peningkatan kapasitas dan skill secara komprehensif serta membangun dukungan keluarga dan masyarakat bagi mereka. Rumah Damping dikelola oleh pendamping yang telah berpengalaman di bidang adiksi dengan koordinator center Yudha Novianto. Beberapa kegiatan di Rumah Damping adalah sebagai berikut :

1. AM Meeting

AM Meeting merupakan pertemuan rutin setiap pagi untuk melakukan sharing feeling dengan topik tertentu sesuai dengan pedoman Just for Today (JFT). Selain itu, klien diminta untuk saling berbagi perasaan, kekuatan, harapan dan menyampaikan kondisi kesehatan, serta rencana harian. Dalam melakukan AM meeting, perlengkapan yang diperlukan adalah form AM Meeting dan Panduan JFT. Setiap harinya, akan selalu ada topik yang berbeda. Topik disesuaikan dengan tanggal pelaksanaan pertemuan.

2. Seminar

Seminar yang diselenggarakan lebih mengarah kepada psikoedukasi yang menyentuh area kognitif dan peningkatan partisipasi klien dalam proses belajar mengajar. Pembekalan yang diberikan lebih membahas tentang adiksi NAPZA dan isu yang terkait. Keterampilan dasar juga diberikan, meliputi kemampuan mengelola waktu, memperkuat motivasi, percaya diri dan publicspeaking. Seminar yang dilakukan selama proses pendampingan klien di Rumah Damping dilakukan dalam tiga bentuk, yaitu sesi dari pendamping yang memuat materi tentang Pencegahan Kekambuhan (Relapse Prevention), kemudian klien juga dilibatkan untuk secara aktif menyampaikan materi yang pernah diterima melalui kegiatan fasilitating skill, yaitu menyampaikan materi sesuai dengan topik yang pernah didapatkan.

3. Creative Time

Creative time merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan pada sore hari untuk mengembangkan kreativitas dari klien. Sesi kreativitas seringkali diisi dengan kegiatan seni, baik seni musik maupun seni rupa.