WORKSHOP “PENGUATAN PENANGGULANGAN NAPZA DAN HIV&AIDS BAGI FASILITATOR SCARFS 2015”

PLATO Foundation bekerjasama dengan VEDHA dengan dukungan MTv Staying Alive Foundation dan BNNP Jawa Timur telah melaksanakan kegiatan pengembangan dan penguatan kapasitas serta skill fasilitator melalui WORKSHOP PENGUATAN PENANGGULANGAN NAPZA DAN HIV&AIDS BAGI FASILITATOR SCARFS (School and Campus Caring for HIV&AIDS) 2015, pada hari Jumat s/d Minggu, 27 Februari s/d 1 Maret 2015 bertempat di Villa KaWeBe, Songgoriti, Batu. Diharapkan workshop ini mampu melahirkan fasilitator yang handal dalam menjalankan program yang sinergis, efektif, dan berkualitas.

Pendekatan yang digunakan dalam WORKSHOP ini adalah pendekatan Pendidikan Orang Dewasa (POD/andragogy) dimana peserta berfungsi sebagai narasumber dan subjek, bukan pendengar dan objek pelatihan. Melalui pendekatan POD, para peserta diajak lebih aktif dalam proses kegiatan yang berlangsung. Disamping itu juga ada beberapa metode lain yang digunakan untuk mendorong partisipasi peserta, antara lain: Penjelasan Konsep, Curah Pendapat, Diskusi Kelompok, Bermain Peran, Fasilitating Skill, Ice Breaker dan FGD. Peserta worskhop ini terdiri dari 4 orang perwakilan UKM terpilih di Surabaya, MAPANZA Universitas Airlangga, SAMANZA Universitas Hang Tuah, LAKAPANZA Universitas Wijaya Kusuma, DFC Universitas Bhayangkara dan RAN Universitas Nahdatul Ulama.

Pada hari pertama diawali dengan Perkenalan, Menuliskan Harapan dan Kekhawatiran dan Membuat Kontrak Belajar. Dilanjutkan dengan sesi tentang Kerelawanan dan Brainstorming NAPZA, Seksualitas, dan HIV&AIDS oleh Dresty Widya, SKM,M,Kes dari PLATO dan kemudian sesi tentang Perkembangan Kasus dan Strategi Penanggulangan HIV&AIDS pada Remaja oleh Bapak DR. Drs. R. Otto Bambang Wahyudi, M.Si, MM selaku Sekretaris KPA Provinsi Jawa Timur. Sesi malam dilanjutkan dengan diskusi seputar isu seksualitas dan HIV&AIDS pada remaja oleh fasilitator dari PLATO. Kegiatan di hari ini berakhir pada pukul 22.00 WIB.

Pada hari kedua, kegiatan dimulai dengan senam pagi. Sesi pada jam pertama adalah mengenai Pengenalan Adiksi NAPZA dalam perspektif UU No. 35 Th. 2009 dan Manajemen Kasus tentang Sexual Abuse, HIV&AIDS dan NAPZA. Setelah makan siang, sesi dilanjutkan dengan Knowing Your Organization dengan menggunakan SWOT dan Perumusan Intervensi Penanggulangan Isu HIV, NAPZA, dan Kespro dan Pemaparan Program Kerja UKM. Setelah peserta berisitirahat di sore hari dan bersih diri, sesi malam dilanjutkan dengan Fasilitating Skil serta terselenggara malam keakraban oleh panitia dan semua peserta.

Hari terakhir, kegiatan diawali dengan Outbound oleh panitia dan semua peserta. Selanjutnya sesi tentang Penentuan Strategi UKM dan Action Plan, Pengembangan Tool Monitoring dan Evaluasi dan diakhiri dengan Pembentukan Pengurus VEDHA 2015. Worksshop diakhiri dengan pesan dan kesan oleh seluruh peserta dan panitia serta foto bersama . Fasilitator pada workshop ini adalah dari PLATO dan VEDHA. Workshop berakhir tepat pada pukul 16.00 WIB.