KAMPANYE SOSIAL DETEKSI DINI PENYALAHGUNAAN NAPZA DI SMAN 1 MOJOKERTO DAN SMAN 1 SAMPANG

PLATO Foundation bersama dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur dan Badan Narkotika Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Kampanye Sosial Deteksi Dini Penyalahgunaan NAPZA di SMAN 1 Mojokerto pada hari Selasa, 3 Maret 2015 dan di SMAN 1 Sampang pada hari Rabu, 11 Maret 2015. Kegiatan ini merupakan bagian dari program UPSK (Unit Pelayanan Sosial Keliling) Dinsos Provinsi Jawa Timur yang pada tahun ini dilaksanakan di 3 wilayah yaitu Jombang, Mojokerto dan Sampang.

Kampanye sosial yang dilaksanakan di SMAN 1 Mojokerto dan Sampang ini dimulai tepat pada pukul 09.00 WIB. Diawali dengan sambutan oleh Kepala Sekolah dan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur yang sekaligus membuka acara ini. Dilanjutkan dengan tes urine oleh BNNP Jawa Timur kepada 41 orang siswa/i SMAN 1 Mojokerto dan 45 orang siswa/I SMAN 1 Sampang yang sekaligus mengikuti serangkaian kegiatan kampanye sosial ini.

Pada acara kampanye sosial, Ibu Aries Soraya selaku Kepala Seksi Pelayanan dan Rehabilitasi Anak dan Lanjut Usia dari Dinsos Provinsi Jawa Timur menjelaskan tentang program UPSK dan peran Dinas Sosial dalam pencegahan dan penanggulangan NAPZA. Kegiatan dilanjutkan dengan membahas seputar NAPZA dan peran remaja dalam penanggulangan NAPZA yang dibawakan oleh Dita Amalia, Direktur PLATO. Metode penyampaian dilakukan dengan interaktif dan menarik yang juga disisipi dengan game berkelompok tentang NAPZA dan bermain peran sebagai pendidik sebaya yang baik. Acara ditutup pada pukul 12.00 WIB.