Bimbingan Teknis kepada Koalisi Putat Jaya Bersih Narkoba

Koalisi Putat Jaya Bersih Narkoba (PJBN) merupakan koalisi pertama di Surabaya yang fokus untuk pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba. PJBN memiliki misi “Menjadikan Putat Jaya Bersih dari Penyalahgunaan Narkoba”. Kami percaya jika seluruh lapisan  masyarakat bersatu dan bergerak dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba maka Putat Jaya Bersih Narkoba tidak hanya sekedar mimpi. Koalisi ini telah diresmikan oleh Lurah Putat Jaya. Sejak 2017 hingga saat ini komunitas PJBN telah mendapatkan serangkaian pelatihan dan asistensi sebagai pembekalan yang menunjang untuk pelaksanaan kegiatan koalisi di tengah masyarakat. CADCA dan PLATO secara kontinyu memantau dan mendukung kinerja Koalisi Putat Jaya Bersih Narkoba . Kamis, 1 Agustus 2019 telah diadakan “Bimbingan Teknis Bagi Koalisi Putat Jaya Bersih Narkoba” oleh CADCA, BNN dan PLATO yang dilaksanakan di Hotel Bella.

Acara dibuka oleh Adelia Perwita Sari selaku MC yang membacakan susunan acara. Dilanjutkan dengan sambutan dari Lurah Putat Jaya yang mendukung kegiatan PJBN. Memasuki acara inti yang pertama Fasilitator CADCA yaitu Mrs. Dorothy dan Mr. David memberikan informasi terkait strategi yang bisa dilakukan koalisi untuk mencapai Putat Jaya Bersih Narkoba. Fasilitator CADCA menitik beratkan tugas koalisi selanjutnya adalah meningkatkan koordinasi antar anggota dan melaksanakan strategi yang telah didiskusikan sebelumnya.

Setelah Fasilitator CADCA selesai, diskusi dilanjutkan oleh Fasilitator dari PLATO yaitu Anna Mahsusoh untuk mentekniskan rencana tindak lanjut yang akan dilakukan. Disini terjadi kesepakatan penggunaan group WA yang lebih efektif, jadwal pertemuan selanjutnya, dan beberapa kegiatan promosi dan edukasi terkait pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan Putat Jaya.

Kepala BNNK Surabaya juga hadir dalam kegiatan ini sebagai satu kesatuan bahwa kegiatan ini tidak lepas dari campur tangan pemerintahan. Kepala BNNK Surabaya AKBP Kartono, SH., M.Hum menekankan bahwa masyarakat dapat bekerja sama dengan BNNK dan melaporkan semua kejadian yang berkaitan dengan kasus narkoba. Selain itu, kepala BNNK juga menjelaskan gambaran permasalahan narkoba di Indonesia, peran dan strategi BNN, serta peran yang bisa dilakukan oleh masyarakat.

Kegiatan selanjutnya difasilitasi oleh Direktur PLATO yaitu Dita Amalis, S.Sos, M.Psi. terkait peran semua lapisan masyarakat dalam perang melawan narkoba.Fasilitator mengajak peserta unntuk memetakan dan mendiskusikan lima hal yang berkaitan dengan koalisi yakni manajemen, pendanaan, pengetahuan, skill dan strategi.  Peserta menyatakan pentingnya pendekatan masyarakat, dukungan dan kepedulian, pengorbanan (tenaga, uang, waktu), keikhlasan, semangat dan kemauan, kekompakan dan kebersamaan, kesamaan visi dan misi, do’a, keberanian, tanggung jawab, komitmen, konsistensi, keberlanjutan, aksi sebagai potensi yang dimiliki koalisi. Fasilittaor menyampaikan bahwa tidak hanya anggota koalisi yang berperan, masyarakat harus turut serta demi Putat Jaya Bersih Narkoba. Sebagai contoh koalisi dapat membuat gebrakan melibatkan masyarakat  dari dan untuk masyarakat dengan gerakan “1000 rupiah” per-keluarga di Putat Jaya per bulannya. Dana yang terkumpul tersebut digunakan untuk kepentingan pelaksanaan strategi yang telah disusun untuk pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba di lingkungan Putat Jaya.1000 rupiah angka yang kecil demi menyelamatkan anak-anak generasi Putat Jaya.

Kegiatan diakhiri dengan komitmen untuk melakukan pertemuan selanjutnya dan mengupayakan berjalannya ide gerakan 1.000 rupiah per keluarga per bulannya. Semoga semakin banyak yang terlibat di kegiatan koalisi Putat Jaya Bersih Narkoba.